Cari Blog Ini

Jumat, 22 Juni 2018

Kiprah Ikatan Alumni Wirausaha Muda Mandiri (Ika WMM)


Ciptakan Kemandirian pada Sesama

Ikatan Alumni Wirausaha Muda Mandiri (Ika WMM) tidak sekadar menjadi seorang pengusaha untuk dirinya sendiri. Melainkan berani mengajak orang yang dianggap diasingkan seperti penderita ODA (Orang Dengan AIDS), mantan pengguna narkoba, dan lain-lain.  Para pengusaha muda ini tidak hanya memperkaya dirinya sendiri tetapi berusaha menciptakan iklim usaha di wilayah Jawa Timur khususnya dan Indonesia.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan Ika WMM ini seperti, gathering, senergy coaching, ataupun untuk membantu para mantan-mantan pengguna narkoba ataupun penderita AIDS.

Yang menarik dari Ika WMM ini yakni berani untuk membantu para penderita ODA maupun mantan pengguna narkoba untuk berwirausaha. Padahal banyak sekali pandangan negatif masyarakat kepada orang-orang ini. Hal tersebutlah yang ingin disosialisasikan kepada masyarakat bahwa mereka juga memiliki hak yang sama untuk hidup, dihargai, dan dipandang layaknya masyarakat normal. Tak selamanya mereka harus berjuang sendiri dikerasnya kehidupan bermasyarakat. Bukan berarti mereka dikucilkan, malah harus diberi semangat agar mereka bisa hidup mandiri dan normal.

Dengan menciptakan kemandirian pada kalangan penderita ODA maupun mantan penggunan narkoba. Para Ika WMM yang beranggotakan pengusaha-pengusaha muda, selalu memberikan pelatihan dan memberikan bantuan dana untuk mereka yang di nilai kurang beruntung. Agar mereka bisa hidup mandiri dan bisa menjadi pengusaha seperti para anggota Ika WMM.

”Memang cukup sulit untuk mengedukasi maupun mensosialisasikan para masyarakat untuk ikut serta membantu mereka. Karena image negatif kepada mereka sudah terlanjur melekat. Hanya dengan kemandirian mereka bisa hidup dengan normal selayaknya masyarakat lainnya. Mereka diberi pelatihan dan modal agar mereka bisa mandiri. Sudah penderita ODA maupun mantan pengguna narkoba yang hidup mandiri dengan pembelajaran yang kami berikan. Mereka sudah bisa membuka kedai kopi, membuka toko kue, menjadi agen rokok, dan lain-lain,” jelas Fajar Sandi Oktiono Ketua Ika WMM

Selain peduli kepada sesama, para anggota Ika WMM ini juga melakukan sinergy coaching. Tujuannya untuk saling melengkapi kekurangan maupun kendala pada setiap anggota. ” Sinergy coaching ini contohnya seperti salah satu pengusaha memberikan pelatihan kepada pengusaha lain yang menjadi anggota. Pelatihan ini bisa ditujukan kepada karyawan dari masing-masing pelaku usaha. Jadi mereka yang tergabung dalam Ika WMM bisa saling mengisi kekurangan baik dalam management, sdm, maupun pengadaan produk,” jelas Fauzan T. Hananto Humas Ika WMM

Hal ini akan lebih mempermudah setiap anggota untuk lebih menutupi kekurangan masing-masing setiap bisnis. Kegiatan sinergy coaching ini akan lebih memudahkan para pengusaha muda untuk saling sharing maupun saling menutupi setiap kendala yang dihadapi. Memang tujuan dari Ika WMM sendiri yakni dapat melebarkan sayap untuk menjadi company yang besar bukan menjadi home industri saja. 



Sejarah Terbentuk

Terbentuknya Ika WMM ini berawal dari salah satu Bank Negara yang memiliki tujuan untuk mengembangkan sikap entrepreneur untuk kalangan anak muda. Karena melihat di Indonesia iklim dunia usaha semakin berkembang pesat. Namun, kalangan muda ataupun pengusaha muda belum banyak tertarik untuk menggeluti sebuah bisnis. Dari sinilah Bank tersebut mulai mengadakan kompetisi untuk menjaring entrepreneur muda untuk berkarya dan melakukan usaha inovatif.

Dari mulai dibentuk sejak tahun 2008, banyak sekali pengusaha muda usia antara 20 sampai 35 tahun mengikuti kegiatan ini. sekaligus mencetak banyak sekali finalis-finalis dari berbagai kategori. Setiap pengusaha muda dikategorikan masing-masing kelompok seperti kategori boga, kategori perdagangan atau jasa, kategori retail, maupun kategori industri kreatif.  Dalam setiap kategori akan dipertandingkan dan dinilai juri siapa-siapa yang akan mendapatkan uang pembinaan.

”Pengkategorian oleh juri memang untuk mempermudah penilaian, sekaligus melihat perkembangan bisnis yang dijalankan oleh mereka para pengusaha. Hal ini akan lebih mudah untuk melakukan pelatihan maupun strategi usaha yang dijalankan,” jelas Arif Pemenang Kabid Program Ika WMM

Ika WMM sendiri beranggotakan 200 orang lebih sejak tahun 2008. Anggota sendiri merupakan alumni dari finalis-finalis yang mengikuti kompetisi. Dengan tujuan agar setelah kompetisi tidak begitu saja menghilang, dibentuklah Ika WMM ini agar mereka para pengusaha muda dapat menjalin hubungan baik antar anggota. Banyak sekali keuntungan yang didapat setelah bergabung dengan perkumpulan ini. Para anggota dapat sharing bersama, dan mengadakan pelatihan secara bersama. Jalinan relasipun semakin luas.

Anggota Ika WMM sendiri kebanyakan dari daerah Jawa Timur seperti Kediri, Nganjuk, Malang, Lamongan, Bojonegoro, Sidoarjo, Mojokerto, maupun kota-kota lainnya. Kebanyakan 70% anggotanya laki-laki dan selebihnya perempuan. Jiwa-jiwa muda ini dibentuk untuk menjadi entrepreneur handal agar mereka bisa memiliki usaha yang nantinya bisa menjadi company besar. Sekaligus membuat lapangan pekerjaan baru.

Untuk mempermudah kepengurusan Ika WMM menunjuk salah satu anggota untuk mengisi kepengurusan. Seperti adanya ketua, wakil, sekretaris, bendahara, humas, maupun lainnya. Gunanya untuk lebih mempermudah setiap kegiatan yang sampai saat ini terus terselenggara. Begitu juga yang dilakukan oleh pemrakarsa kompetisi sampai tahun 2012 ini pun masih mencari pengusaha muda untuk ditempa menjadi seorang entreprenuer handal.

Selain itu anggota Ika WMM ini kebanyakan mereka dengan membawa usaha yang unik dan inovatif. Sekaligus tidak main-main dalam urusan omzet setiap usahanyanya. Hampir rata-rata para pengusaha yang menjadi anggota Ika WMM memiliki omzet ratusan juta setiap bulannya bahkan ada yang lebih. Untuk mengikuti kompetisi sendiri cukup sulit untuk menjadi finalis harus menyingkirkan lebih dari 2000 orang pengusaha muda yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi yang diselenggarakan salah satu bank negara ini. 

by: Nur Fajruddin
*tulisan ini pernah dimuat di Surabaya Post.

1 komentar:

  1. DonacoPoker Agen Poker Online Terbaik

    DonacoPoker memberikan kesempatan kepada anda untuk menikmati segala kemudahan dan kenyamanan bermain yang tidak bisa Anda dapatkan disitus-situs lainnya. Seperti :
    1. Deposit via OVO
    2. Pelayanan yang sangat memuaskan
    3. Mau withdraw berapa pun pasti dibayarkan
    4. Menyediakan 7 permainan dalam 1 user ID
    5. Banyak Promo menarik
    Nah, cukup banyak kan keuntungan yang anda dapat kan. Jadi tunggu apalagi, segera bergaubung bersama kami yuk :
    WHATSAPP : +6281333555662
    atau langsung di Livechat kami www(titik)donacopk(titik)com

    >>>DAFTAR<<<

    Poker Online Indonesia

    BalasHapus