Search This Blog

Friday, February 15, 2013

Komunitas Lion's Club Kresna Surabaya





Kepedulian Sosial ala Lion’s Club Surabaya Kresna

Di dunia ini telah banyak didirikan organisasi-organisasi sosial yang aktif melakukan kegiatan demi misi kemanusiaan. Mengingat manusia adalah mahluk sosial, maka sudah sepantasnya untuk bahu-membahu, sesuai dengan kenyataan bahwa manusia tidak akan bisa hidup seorang diri tanpa bantuan dari orang lain.

Lion’s Club International (LCI) adalah salah satu organisasi sosial ternama yang kiprahnya dalam misi sosial, utamanya pengentasan masalah-masalah kemanusiaan. Organisasi yang memiliki 46.000 perwakilan di seluruh dunia dan member sebanyak 1,35 milyar juta jiwa itu memiliki simbol singa (lion) dalam logonya yang bermakna kekuatan dan keberanian.

Di Indonesia sendiri LCI memiliki perwakilan yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Di Jawa Timur saja tercatat ada 32 Lion’s Club atau Komunitas Lion, salah satunya terdapat di Surabaya, yang akrab dengan nama Lion’s Club Surabaya Kresna. Seperti halnya LCI, Lion’s Club Surabaya Kresna juga aktif bergerak dalam kegiatan sosial.

Panjang lebar Lion’s Club Kresna menceritakan kepada Surabaya Post ketika ditemui dalam sebuah acara gathering yang mereka adakan di sebuah rumah makan. Mereka menuturkan sejarah serta kegiatan-kegiatan yang telah mereka adakan, berikut manfaatnya. President Lion’s Club Surabaya Kresna, Silvia Zulaeka mengatakan bahwa komunitas itu berdiri sejak 17 Oktober 2012. “Hingga sekarang telah puluhan kegiatan sosial kami adakan di Surabaya,” ujarnya.

Lion’s Club Surabaya Kresna pada awalnya didirikan berkat prakarsa sejumlah orang dengan kesamaan visi, dimana mereka ingin melakukan sesuatu untuk lingkungan masyarakat. “Awalnya kami adalah individu yang berdiri sendiri, kemudian kami memutuskan untuk berkumpul bersama dan membentuk suatu komunitas sosial,” ungkap Kustiyanto, sekretaris Lion’s Club.

Setelah membuat komunitas sosial, maka kegiatan pertama yang mereka adakan adalah memberi bantuan kepada Yayasan Penyandang Anak Buta (YPAB). Tak dinyana, kegiatan mereka itu mendapat respon positif dari salah satu koordinator dari YPAB, bahkan beberapa diantara mereka ada yang bergabung. Alhasil,dari kegiatan itu Lion’s Club Surabaya Kresna mendapat tambahan member dari orang-orang yang tertarik untuk bergabung bersama mereka dalam misi sosial.

“Member kami terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari pengusaha, pegawai asuransi, kolektor batik, eksekutif muda, wanita karier hingga seniman,” ujar Sadworo, bendahara Lion’s Club Surabaya Kresna. Pada Oktober 2012, member yang terkumpul akhirnya sepakat untuk bergabung dengan organisasi LCI dan memberi nama komunitas mereka ‘Lion’s Club Surabaya Kresna’. “Kami bergabung dengan LCI karena organisasi itu senada dengan visi dan misi kami. Selain itu karena LCI adalah organisasi besar, maka akan memudahkan kami untuk bekerja bersama-sama dengan kawan-kawan Lion’s Club lainnya, dan jika pekerjaan dilakukan bersama akan lebih mudah dan terlihat maksimal,” tutur Daniel Lukas Rorong, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna.

Bergabung dalam naungan LCI membuat Lion’s Club Surabaya Kresna semakin terorganisir, berbadan hukum dan memiliki AD/ART. Dalam hal ini merekapun memiliki fokus kerja untuk mengentas segala permasalahan kemanusiaan yang meliputi: kesehatan mata, kesehatan telinga, pemberian kaki palsu pada orang cacat, peduli lingkungan, peduli anak dan remaja, peduli pendidikan serta pengentasan kemiskinan dan gizi buruk.

Lion’s Club Surabaya Kresna dalam perkembangannya memiliki banyak kegiatan sosial, diantaranya baksos (bakti sosial), kepedulian terhadap sejarah dan kebudayaan serta kepedulian terhadap lingkungan hidup. “Kegiatan kami, baksos misalnya, meliputi pemeriksaan kesehatan (medical check-up, khitanan massal, donor darah, screening mata katarak, pengobatan umum, akupunktur, pembagian sembako, pembagian kacamata gratis dan masih banyak lagi,” ujar Mita, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna.

Sebagai usaha pemeliharaan lingkungan hidup, Lion’s Club Surabaya Kresna aktif dalam melakukan kegiatan pembinaan masyarakat. Salah satu programnya adalah ‘Kampung Hijau Organik’. Program itu telah dijalankan sejak 25 Januari 2013 lalu. “Awal program kami untuk lingkungan hidup adalah memberikan pelatihan dan kesadaran lingkungan bagi para warga. Sekarang kegiatannya sudah berjalan dan 9 bulan ke depan, praktek pelatihan penanaman tanaman organik yang telah kami berikan pada masyarakat akan terlihat hasilnya. Nanti kami bersama masyarakat akan melakukan panen bersama-sama,” tutur Firtian Judiswandarta, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna.

Selain sosial dan pemeliharaan lingkungan hidup, Lion’s Club Surabaya Kresna memiliki kepedulian tersendiri, yakni pada bidang sejarah dan kebudayaan Indonesia. “Inilah yang membedakan komunitas kami dengan komunitas sosial lainnya. Kami punya misi juga untuk memelihara dan melestarikan sejarah dan kebudayaan Indonesia,” ungkap Achox.F.Rizaal, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna.

Kecintaan Lion’s Club Surabaya Kresna terhadap seni dan budaya diwujudkan dalam acara-acara sosial seperti, salah satunya adalah pemberian pelatihan membatik terhadap warga masyarakat, selain untuk menanamkan kecintaan masyarakat terhadap seni budaya, juga manfaatnya adalah mengembangkan kemampuan masyarakat dalam bidang seni. “Baru-baru ini kami memberi membatik di kawasan kremil Surabaya. Kawasan itu kan terkenal dengan bisnis prostitusinya. Tujuan kami memberi pelatihan batik adalah agar para PSK memiliki alternatif lain dalam pekerjaan. Paling tidak, mereka sudah memiliki ketrampilan,” ujar Diana Wahyuningtyas, anggota Lions Club Surabaya Kresna.

Ditanya mengenai pengalaman unik, Lion’s Club Surabaya Kresna mengatakan bahwa mereka kerap mengalami suka duka saat melakukan kegiatan di lapangan. “Salah satunya adalah merubah mindset masyarakat. Seperti khitanan gratis yang kami adakan, respon masyarakat kadangkala tak sesuai harapan. Beberapa dari mereka memiliki pandangan bahwa khitanan haruslah diadakan dengan pesta dan mendirikan terop. Jadi untuk pelaksanaan khitan gratis kadangkala terbentur mindset itu,” tutur Silvia Zulaika.

“Adapula pengalaman menarik, ada beberapa anggota yang latar belakangnya adalah pengusaha. Saat terjun ke lapangan, otomatis mereka menghadapi lingkungan yang serba berbeda. Terjun ke lingkungan yang kumuh, penuh sampah, bahkan meninjau toilet warga yang tidak terawat. Namun karena keinginan untuk berbakti pada masyarakat, mau tidak mau mereka harus rela melakukannya,” ujar Mita sambil tertawa.

Sebagai Organisasi sosial, Lion’s Club Surabaya Kresna mengatakan bahwa mereka akan fokus pada kegiatan-kegiatan sosial, kepedulian lingkungan serta seni dan budaya. Dalam perkembangannya, banyak organisasi lain yang ikut berpartisipasi bersama mereka, seperti KIBAS (Komunitas Batik Se-Jawa Timur), KISMIS (Komunitas Seniman dan Musisi Indiependent Surabaya) dan masih banyak lagi.



Mencontoh Keteladanan Kresna

Bergabung dengan LCI memiliki syarat member sejumlah minimal 20 orang, kemudian setelah terbentuk, maka harus disertakan identitas sebagai pengenal atau sebutan khas di belakang nama komunitas mereka. Seperti halnya Lion’s Club Surabaya Kresna yang memakai nama ‘Kresna’. Mengapa Kresna?

Tentang Kresna, para anggota Lion’s Club Surabaya Kresna kembali berkisah panjang-lebar. Kresna, menurut mereka adalah tokoh pewayangan, simbol dari kebijaksanaan, kemuliaan dan keagungan hidup. “Kresna adalah tokoh pewayangan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap lingkungan sosial,” ungkap Kustiyanto.

Kresna dikenal dalam dunia pewayangan sebagai raja Dwarawati yang memiliki kebijaksanaan serta kepedulian tinggi. Sebagai raja, ia rela bersusah payah untuk terjun dalam memakmurkan masyarakat kerajaannya, membantu kaum-kaum tertindas, bahkan rela bersusah-payah membantu pandawa ketika diasingkan di hutan belantara. Selain itu ia juga berperan aktif sebagai juru damai pertikaian pandawa-kurawa.

“Kresna juga mengetahui seluk-beluk dunia dan berhasil mengentaskan dunia dari kejahatan kurawa. Pandawa bisa memenangkan pertempuran mereka melawan keangkaramurkaan berkat Kresna,” ujar Silvia Zulaika.

Maka dari itu Lion’s Club Surabaya Kresna meneladani sosok Kresna yang penuh kebijaksanaan dan kepedulian sosial. “Harapannya, secara perlahan dan dari partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, kelak kami bisa mewujudkan masyarakat sejahtera seperti halnya Kresna yang menciptakan kemakmuran, kesehjahteraan dalam wujud dunia baru seusai memberantas keangkaramurkaan,” pungkas Silvia Zulaika, sang Presiden Lion’s Club Surabaya Kresna.

  


QUOTE

 


Kustiyanto, sekretaris Lion’s Club Surabaya Kresna
“Dengan Lion’s Club Surabaya Kresna kita bisa terlibat langsung dalam kegiatan sosial, sebagai wujud kepedulian kita terhadap masyarakat serta pengabdian langsung kepada masyarakat, juga bangsa dan negara”

 






Daniel Lukas Rorong, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Lion’s Club Surabaya Kresna merupakan wadah saya untuk menyalurkan jiwa sosial yang ada dalam diri saya secara professional dan terorganisir dengan baik”

 
 






Mita, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Lion’s Club Surabaya Kresna adalah tempat kita mencari pahala, berbagi dengan sesama umat manusia, khususnya mereka yang tidak mampu, tidak memandang suku agama, maupun tingkat sosial”

 





Fitria Judiswandarta, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Kegiatan yang kami lakukan ini merupakan kombinasi kegiatan ‘wisata-surga’. Kami bisa berkunjung ke tempat yang belum pernah kami kunjungi sambil berwisata sosial dan tentunya dari kegiatan sosial tersebut, kelak akan menjamin ‘surga’ sebagai tempat kami nanti” 


 




Silvia Zulaika, Presiden  Lion’s Club Surabaya Kresna
“Berbuat sesuatu yang kecil, andai dilakukan bersama-sama akan menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat, tanpa melihat suku dan agama”






Achox F Rizaal, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Lion’s Club Surabaya Kresna adalah wadah untuk menyalurkan seluruh jiwa sosial saya. Kombinasi antara sosial dan budaya adalah tujuan serta visi dan misi komunitas, yang sejalan dengan komunitas yang saya naungi juga, yakni KISMIS (Komunitas Seniman dan Musisi Indiependent Surabaya) yang kerap melebur menjadi satu dalam berkegiatan sosial”

 

Diana Wahyuningtyas, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Lion’s Club Surabaya Kresna begitu luar biasa. Kami terdiri dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda tetapi dapat menjadi satu jiwa, satu misi dalam setiap kegiatan sosial. Jiwa sosial dalam membantu sesama mahluk Tuhan akan selalu kami tanamkan. Bravo Lion’s Club Surabaya Kresna!”





 

Sadworo Ramadani, anggota Lion’s Club Surabaya Kresna
“Di Lion’s Club Surabaya Kresna membuat kehidupan saya menjadi lebih bervariasi, terutama dalam kehidupan sosial dan budaya. Selain itu saya bisa berbuat lebih banyak bagi mereka yang membutuhkan”






#tulisan ini pernah dipublikasikan di Surabaya Post tanggal 17 Februari 2013

22 comments:

  1. maaf Kak, mau nanya. kalo mau bergabung dengan komunitas ini, bagaiman caranya dan apa saja persyaratannya? terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Bisa dik. Udah add fbku kan? aq pnya CP temen2 Lion's Club. Nanti aq kirim via message yaa..
    terima kasih udah mau berkunjung ke blog ini. :)

    ReplyDelete
  3. Malam pak..saya jga pengen tau lebih banyak mengenai persyaratan unt jadi anggota..makasih sblmnya..

    ReplyDelete
  4. Malam mbak. Boleh, bisa saja kalau mau bergabung.
    Maukah anda tulis alamat email anda? Nanti CP mereka akan sy kirim lewat email.. :)

    ReplyDelete
  5. Maaf mas n mbak, saya jg berminat gabung jd member. Kira2 gmn caranya n apa aja syaratx? Apa ada komunitas ini di malang?

    ReplyDelete
  6. Monggo silahkan mbak. Maaf, saya tidak tahu apakah Lions ada di Malang atau tidak. Lions yg ini kebetulan sy liput di Surabaya. Kabarnya sih mereka punya cabang2 komunitas di seluruh Indonesia. Kalau ingin bergabung silahkan mbak, tulis saja alamat email, nanti akan sy kirim cp mereka. :)

    ReplyDelete
  7. Malam pak, saya sangat berminat dan berniat untuk bergabung menjadi anggota. Apa sajakah persyaratannya? tq.

    ReplyDelete
  8. Monggo. tulis saja alamat email, nanti akan sy kirim cp dari ketua Lions Surabaya. :)

    ReplyDelete
  9. Email saya indiana300389@yahoo.co.id

    saya tunggu email nya ya pak bro, terima kasih :)

    ReplyDelete
  10. Selamat Sore, saya berminat untuk bergabung menjadi anggota. Mohon informasinya, ini alamat email saya. rizkymel@yahoo.com

    Terimakasih

    ReplyDelete
  11. silahkan dicek emailnya. sudah sy kirim. trims. :)

    ReplyDelete
  12. Email Kami : kresnalcs@yahoo.co.id atau dihalaman Facebook : Lions Club Surabaya Kresna

    ReplyDelete
  13. sipp!!! terima kasih bantuannya mas Lukman Wiharsa.. :)

    ReplyDelete
  14. Mas saya ingin bergabung dengan kalian . .tolong kasih informasinya . .tonymoon@reggaefan.com

    ReplyDelete
  15. saya ingin bergabung dengan komunitas Lion’s Club Surabaya Kresna..??klo ada contact person kirim ke email saya ya..trims..hendrabaleno9@gmail.com

    ReplyDelete
  16. ini email nya pak rulsyahyusuf@gmail.com

    ReplyDelete
  17. saya berminat pak
    andisaputra.me@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Saya berminat bergabung dengan Lions Club Kresna. Email saya ignacito46@gmail.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
  19. ini kegiatan positif banget. saya ingin bergabung dengan Lionjs Club. ini email saya ariew.wahyu@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Kak, saya bisa minta email lion's club surabaya? Terima kasih
    venessangelin0502@gmail.com

    ReplyDelete