Jumat, 26 April 2013

Komunitas Skateboard: Longboard Hero City Surabaya





Selalu mencari jalan turunan

Komunitas yang menamakan diri Longboard Hero City atau yang lebih dikenal dengan LBHC selalu mencari track turun (downhill). Untuk menguji nyali mereka, tempat-tempat tak umum semacam flyover ataupun jalanan pegunungan menjadi track mereka untuk menguji keberanian.

Serasa kecanduan jalan menurun, para anggota selalu memburu track tersebut. di kota mereka sendiri. Flyover pun menjadi sasaran para anggota untuk menguji ketrampilan setiap trik-trik yang tak jauh beda dengan olahraga skateboard ini. Hampir setiap seminggu sekali saat week end mereka selalu berkumpul. Setiap flyover yang ada di kota pahlawanpun sudah mereka jajal.

“Kami selalu menunggui jalan itu sampai sepi, saat dinihari ataupun pagi-pagi sekali.  Memang kalau dilihat cukup ektrem. Tapi mau dimana lagi, karena cara itulah yang dimainkan. Kami hanya berharap agar ada tempat khusus seperti di kota Bandung,” jelas Wicak salah satu anggota aktif LBHC.

Terkadang mereka juga main di jalanan turun yang terletak di Unesa ataupun PTC. Bagi mereka lahan di Surabaya sendiri untuk pemain longboard kurang mendukung. Karena ketersediaan tempat yang minim. Para anggotapun harus pandai-pandai untuk mencari spot unik yang sesuai dengan permainan longboard. Jalanan turunanan dipegunungan ataupun dataran tinggi yang kemudian mereka pilih untuk memuaskan hasrat mereka bermain longboard.

Setiap week end dua minggu sekali para anggota LBHC selalu menyasar ke kota-kota Malang, Pasuruan, Mojokerto, Bali bahkan Bandung. Ditempat-tempat tersebut mereka bebas berkespresi. Tak hanya itu mereka juga bebas memainkan setiap trik permainan dengan papan yang mencapai panjang 41 inci ini.  
Permainan longboard dikenal kaya variasi gaya. Banyak trik yang digunakan para pemain longboard untuk mendapatkan sensasi berlebih dari permainan tersebut. Setiap pemain akan memainkan trik Slalom, Downhill, Dancing, Freeride, Freestyle, hingga Dancing. Seluruh gaya tersebut dapat di mix dengan teknik semacam cruising, sliding, carving, braking atau pun land padding.

Bagi mereka yang doyan laju cepat dan medan turunan, maka speed bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada juga yang suka menikmati trick skate saat melakukan freestyle, freeride, dan dancing. Selain itu, menukik dengan teknik sliding adalah sesuatu yang paling seni dilakukan dalam permainan papan seluncur panjang.
Longboard termasuk dalam kategori permainan ekstrem. Bahkan lebih menantang dari permainan skateboard. Bukan hanya lantaran medan favorit mereka adalah turunan curam, melainkan massa papan longboard pun lebih berat ketimbang skateboard. Tantangan menjadi dua kali lipat lebih mendebarkan tentunya.

Untuk memainkan setiap trik agar aman para anggota LBHC wajib mengenakan helmet, protecktor, knee pad, glove, dan sepatu selama bermain. ”Tak hanya alat pengamanan yang kita wajibkan. Cara jatuhpun harus kita pelajari, tak perlu ada tumpuan saat terjatuh. Kalau hatuih ya jatuh saja, tidak perlu menhannya,” terang wicak yang juga hobi main musik ini.

Sekedar diketahui, Dicetuskan oleh Naza yang saat itu mendapat oleh-oleh papan longboard sewaktu pulang dari Jogja. Selang beberapa lama olahraga ini akhirnya populer. Pada tanggal 15 Januari 2012 komunitas LBHC terbentuk. Nama LBHC sendiri berasal dari kata Longboard Hero City, jika diterjemahkan para anggota Longboarder dari kota pahlawan. Karena kebanyakan anggota memang berasal dari kota Surabaya.

Sampai saat ini anggota aktif LBHC mencapai 15 orang, kelima dari anggota mereka merupakan wanita. Mereka kebanyakan dari kalangan pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, Pengusaha, dan Karyawan. 

Saat ini, permainan papan asli Amerika ini sudah mendapat hati dimasyarakat Indonesia. Terbukti di kota seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Bali, Lombok, Lampung sudah mulai ramai untuk dijadikan hobi sekaligus lifestyle. Mereka para longboarder berbagai kota di Indoensia rajin hadir dalam jambore nasional setiap tahunnya. Tak hanya itu mereka juga rajin mengikuti kompetisi dunia yang diselenggarakan berbagai negara. Saat ini ada dua longboarder nasional asal Jakarta dan Bandung untuk mengikuti kompetisi internasional. 

Tambahan informasi, longboard sendiri memiliki ukuran bervariasi anatara 32 inci, 40 inci, 41inci, bahkan sampai 60 inci. Setiap papan dihargai Rp 1,5 juta sampai Rp 14 juta. 


Cari view menawan

Tak hanya bermain ektrem demi menaklukan tantangan track, komunitas LBHC juga mementingkan landscape sekaligus view yang indah. Mereka selalu mengadakan tour ditempat-tempat yang terkenal memeiliki pemandaangan yang menawan. Tempat tersebut memang disukai para anggota, sekaligus membuat dokumentasi untuk di share ke media sosial.

Para anggota LBHC setiap 2 minggu sekali selalu mengunjungi daerah trawas, cangar, bromo ataupun di kota-kota  Malang, Bali, serta, Bandung. Mereka tak hanya menguji nyali untuk menaklukan setiap track aspal. tetapi juga menikmati keindahan alam sekitar sekaligus menikmati hawa sejuk daerah pegunungan.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk refreshing bersama para anggota. Karena di kota asal mereka Surabaya, belum bisa menemukan tempat-tempat semacam itu. Tidak lengkap jika tempat-tempat tersebut tidak mereka eksplor. Cara para anggota komunitas lebih mengeksplornya dengan cara mendokumentasikan. Setiap video dan foto hasil jepretan selalu mereka share.

Komunitas LBHC sendiri memiliki media sosial untuk lebih mensosialisasikan keberadaan longboarder Surabaya, lewat berbagai akun yang dimiliki. Tak hanya mempromosikan komunitasnya, tempat yang mereka kunjungi tentunya akan mendapat apresiasi baik dari longboarder berbagai kota sekaligus berbagai negara yang ada di dunia. Karena melihat hasil foto maupun video yang mereka share.

Biasanya mereka share ke akun komunitas, seperti akun facebook Longboard J Surabaya, twitter dengan nama LBHC, dan instagram bisa diklik LBHC. Bahkan salah satu anggota ada yang ngeshare di youtube. Antusias masyarakat sendiri beragam ketika melihat hasil dokumentasi. Apalagi jika longboarder asing melihat aksi LBHC di berbadai media sosial, pasti mereka akan tertarik untuk datang ke Indonesia. Alasannya ingin merasakan tantangan lain dengan view yang indah.



Komentar


 

Echa (Anggota Komunitas LBHC)
”Bermain longboard dapat memicu adrenalin, membuat hati berdebar tetapi tetap senang dan semangat,”



 


Putri (Anggota Komunitas LBHC)
”Refreshing sambil jalan-jalan mencari temapt-tempat yang bagus sekaligus main longboard,”

 





Reni  (Anggota Komunitas LBHC)
”Ikut LBHC tambah-tambah teman, juga bisa menyalurkan hobi kita bermain longboard







Kontributor tulisan: Nur Fajruddin
Tulisan ini pernah dimuat di Surabaya Post

7 komentar:

  1. Halooo LBHC:) bisa minta contactnya nggaaa?

    BalasHapus
  2. Keren yaa ada sensasi tersendiri main olahraga papan kaya gitu yaa? hehehe
    ane jadi makin penasaran deh

    BalasHapus
  3. Om bisa mintak cp komunitas lbhc

    BalasHapus
  4. Om bisa mintak cp komunitas lbhc

    BalasHapus
  5. buat pemula kaya ane dimana ya lokasi yang g terlalu extreme di bandung? saya domisili di Jatinangor nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw kalau ada yang mau ngajak main Longboard bareng boleh bgt, add line saya di
      LINE id : hasjmii
      atau pin BBM : 5D9E637B

      Hapus
  6. Klo di tempat ku gak ada spot nya jalanan nya gak ada turunan di tambah berlobang haha

    Nonton film action
    Download film action

    BalasHapus