Cari Blog Ini

Sabtu, 06 April 2013

Musang Lovers Indonesia Chp. Surabaya: Komunitas Pecinta Musang di Surabaya


Dari yang berbobot 40 kg, sampai harga Rp 40 juta

Musang atau yang dikenal sebagai Luwak jarang sekali menjadi hewan peliharaan. Karena kalah pamor dengan kucing ataupun anjing. Tapi jangan salah hewan dengan nama latin Paradoxurus hermaphroditus, bisa menembus harga Rp 40 juta lebih dari salah satu jenisnya. Tak hanya harga yang bisa melonjak tinggi, hewan yang terkenal rakus ini juga bisa mencapai bobot sampai 40 kilogram.

Sebagai pecinta hewan musang, Komunitas Musang Lovers Indonesia regional Surabaya ini ingin sekali mensosialisasikan hewan yang tergolong nokturnal. Apalagi sangat banyak sekali jenis musang yang ada di Indonesia. Ada jenis musang pandan, musang bulan, musang garangan, musang rase, musang binturong, maupun musang albino. Dari sekian banyak jenis musang tersebut ada yang menyita perhatian yakni jenis musang albino. Jenis musang yang bermata merah ini memang memiliki kelainan genetika atau cacat gen pada musang tersebut. Tak heran jika musang jenis ini amat langka dan harganya dikalangan musang lovers bisa mencapai Rp 40 juta bahkan lebih.

Selain jenis musang albino, musang bulan juga menyita perhatian karena kelangkaan di habitatnya. Hewan asli Bali, Sumatera, dan Kalimantan ini bisa mencapai bobot 20 kg bahkan lebih. Anggota Komunitas Musang Lovers Indonesia regional Surabaya memiliki hewan jenis ini dengan bobot mencapai 15 kg. sampai pernah ditawar dengan harga Rp30 juta lebih. Keunikan musang yang berwarna coklat dengan wajah mirip beruang ini memang bisa mencapai berat seukuran bayi manusia.

“Pernah saat saya membawa hewan ini ada yang berani menawar tinggi, karena saya masih sayang hewan ini saya tidak akan menjualnya. Karena merawatnya sampai jinak seperti ini butuh waktu dan perawatan ektra,” jelas Steven Kho (Anggota MLI regional Surabaya)

Kelangkaan lain juga ada pada musang jenis binturong, hewan endemic asal Sumatra ini bisa mencapai 40 kg. Sampai-sampai pihak kehutanan dan badan konservasi sumber daya alam melarang menangkap maupun memelihara hewan musang jenis ini. Karena jumlah dihabitatnya cenderung menurun. Memang kebanyakan orang mengira hewan ini merupakan hama, maupun hewan yang sering memakan ayam milik warga.

Kemudian musang garangan yang berwarna cenderung coklat bertubuh kecil nan panjang. Kebanyakan hewan jenis ini lebih memilih tempat semak belukar untuk bertahan hidup. Mirip dengan garangan, musang rase memiliki badan agak tinggi dan moncong agak pendek sekilas mirip musang pandan yang berwarna coklat memiliki bintik ditubuhnya.

Setiap musang memang memiliki porsi makan yang rakus. Apalagi jenis musang bulan dan binturong yang cenderung memiliki lambung yang besar. Tetapi Komunitas MLI regional Surabaya memiliki trik khusus memilih makanan untuk hewan kesayangannya. Agar pop yang dihasilkan tidak berbau diberikan melon ataupun pisang. Kalau diberi papaya pasti pop yang dihasilkan berbau tidak sedap. Untuk perawatan yang lebih juga bisa diberi bubur bayi untuk menambah kesehatan tubuh si musang.
Hewan yang tergolong arboreal yang menghabiskan waktunya diatas pohon ini juga bisa menjadi hewan kesayangan yang jinak. Dengan perawatan yang baik bisa merubah hewan liar ini menjadi hewan yang tak kalah dengan kusing maupun anjing.

Sekedar informasi, setiap jenis musang ataupun luwak bisa menghasilkan kopi terbaik. Yang sampai saat ini harga kopi paling mahal dan paling nikmat di dunia bisa mencapai Rp 1,5 juta per kilogramnya. Namun, dari sekian jenis musang tersebut lebih dipilih tingkat output yang dikeluarkan lebih banyak. Malahan di Lampung pemroduksi kopi luwak lebih memilih musang bulan untuk menghasilkan kopi terbaik.

Sejarah MLI regional Surabaya

Musang Lovers Indonesia regional Surabaya terbentuk pada bulan Februari 2012. Dibentuknya komunitas ini atas dasar karena banyaknya pecinta musang di seluruh Inonesia yang hampir 1000 orang lebih. Agar mereka lebih terwadahi dan mengenal lebih dekat hewan omnivora ini.

Komunitas MLI regional Surabaya sampai saat ini memiliki anggota sebanyak 30 orang. Tidak hanya dari Surabaya saja, anggotanya pun dari Sidoarjo, Gresik, Lamongan, bahkan Malang. Untuk lebih mendapat pengetahuan tentang hewan ini para anggota sepakat pada setiap minggu pertama, kedua, dan ketiga berkumpul di taman bibit pada setiap minggunya. Pada minggu keempat para anggota akan berpindah di sekitaran taman bungkul.

Untuk menjadi anggota Musang Lovers sangatlah mudah, meskipun tidak memiliki hewan nocturnal ini.  Para calon anggota bisa saling sharing dan mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan komunitas. Selain itu kita juga mengarahkan para calon anggota untuk cocoknya memelihara musang jenis apa. Agar hewan yang cenderung liar ini bisa jinak ada trik-trik khusus.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan para anggota dari mulai sharing kesehatan atau perawatan. Juga mengadakan gatering yang mendatangkan Dokter hewan maupun zookeeper. ”Selain sharing dengan anggota kita juga memilih mendatangkan para pakar kesehatan untuk hewan. Agar setiap anggota memiliki pengetahuan lebih untuk merawat dan melakukan pembiakan untuk hewan ini,” jelas  Sela Erfansyah (Ketua/Koordinator MLI regional Surabaya)

Kebanyakan para anggota komunitas berprofesi sebagai karyawan, juga pengusaha, frelance, pelajar SD, SMP, SMA, Mahasiswa, maupun usia 50 tahun lebih.  

Untuk merawat hewan ini lebih gampang dari pada anjing maupun kucing. Karena hewan yang tergolong liar ini memiliki fisik yang kuat. “Pernah ketika 1 biusan untuk hewan dengan dosis yang sama diberikan pada anjing dan musang. Ternyata anjing lebih dulu terpengaruh bius dari pada musang. Karena musang ini memang memiliki naluri liar yang sangat cocok di kehidupan liarnya,” jelas Baskoro Widyanto (Anggota MLI regional Surabaya)

Perawatan tidak terlalu sulit, hanya mandi diberikan seminggu sekali. Begitu juga makan makan dan minum cukup pagi dan malam hari. Kalau ingin perawatan lebih setiap beberapa bulan sekali lakukan cek up ke dokter hewan. Musang yang tergolong baby dengan usai 2-3 bulan lebih itensif untuk perawatan. Tambahan suplemen juga sangat diperlukan untuk menambah nafsu makan ataupun daya tahan tubuhnya

Selain gatering sebagai tempat curhatnya para pecinta musang, para anggota juga berusaha untuk mengawinkan maupun breeding. Tujuannya untuk mengurangi tangkapan di alam liar yang hampir 90% mereka pelihara. Namun, untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat terkadang ada saja kendalanya. Tetapi bagi para anggota Musang Lovers tugas ini harus dituntaskan untuk menyeimbangkan populasinya di hutan.

Komentar

 
Sela Erfansyah (Ketua/Koordinator MLI regional Surabaya)

Semoga kita bisa melakukan breeding dan kegiatan melepas musang ini kehabitatnya sehingga musang-musang yang langka tidak akan punah.

 



Benny Kristanto (Wakil Ketua MLI regional Surabaya)
“Mengedukasi dan mensosialisasi bahwa hewan ini bukanlah hama yang pantas dibunuh maupun dimakan. Meskipun liar hewan ini bisa menjadi hewan kesayangan yang tak kalah dengan hewan lain,”




Baskoro Widyanto (Anggota MLI regional Surabaya)
“Perawatan setiap jenis musang ini sama, tetapi perlu diperhatikan tingkat usis dari setiap musang. Karena memang musang merupakan pemakan segala cenderung liar,”




 Steven Kho (Anggota MLI regional Surabaya)
“Jenis musang bulan ini memiliki tingkat makan yang tinggi karena memang lambung mereka memiliki tingkat yang lebih. Meskipun langka kita juga harus memperhatikan kelangsungan hidup hewan ini,”




 
 Kontributor tulisan : Nur Fadjruddin, wartawan Surabaya Post
Tulisan ini pernah dimuat di Surabaya Post







70 komentar:

  1. Tips-tips khusus menjinakan musang yg baby gimana sih gan ?

    BalasHapus
  2. nah itu boleh ditanyakan sendiri ke temen2 dari komunitas musang lovers gan. kalo mau tulis aja alamat email agan, nnti ane kirim cpnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya yg baby 2bulan g gan? Hubungi nomerku gan..lagi nyari musang baby jitot jantan gan.. 089605729032 surabaya kenjeran..

      Hapus
  3. oke gan ini email saya, aditya_cab03@ymail.com
    saya tunggu cpnya. makasih

    BalasHapus
  4. gan, mana cpnya ?? kata nya mau dikirimin ke email ane -__-

    BalasHapus
  5. @bang9ir: bisa hubungi ketuanya mas. tulis saja alamat email, nnti sy kirim cpnya..
    @aditya: udah bro..sori telat..hehee

    BalasHapus
  6. gan saya minta CPnya..
    agustinus9074.as@gmail.com
    trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  7. Bro bali ada MLI nga ..thankss u infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga asli Bali mas tepatnya di Denpasar,saya juga pecinta musang tapi belum punya organisasasi di Bali,ini nomer telfon Q 085737355801 kalau masnya mau berteman sesama pecinta musang

      Hapus
  8. @agustinus satria: ok. cek email.
    @mrT: waduh sy kurang paham mas..ini catatan saya tentang komunitas MLI Surabaya..kalau eksistensi MLI di daerah lain sy krg paham.. :)

    BalasHapus
  9. boleh tau syarat buat jadi anggota apa aja ya?

    BalasHapus
  10. kalau syarat keanggotaan dsb sy kurang paham..tapi bila ingin tahu lebih banyak bisa hubungi cp ketuanya. Bila tertarik, tulis saja alamat email anda, nanti cpnya saya kirim lewat email..

    BalasHapus
  11. minta cpnya dong gan
    dimas.fredy@yahoo.com

    BalasHapus
  12. gan . ane newbie ttg musang pandan gan ... apa bisa coba gali info di MLI .. domisili saya d sby ,,
    maybe bisa kontak ke eck.wa.07@gmail.com ..
    ini gathering nya tiap hari apa ya ????

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. @dimas fredy: siap.ditunggu ya
    @muh.eko: silahkan ditanyakan sendiri langsung ke komunitasnya gan. cpnya akan sy kirim langsung lewat email.

    BalasHapus
  15. gan ngumpulnya di mana dan jam berapa

    BalasHapus
  16. Tulis saja email anda. nanti akan saya kasih cp dari yg bersangkutan.

    BalasHapus
  17. ernandareza46@yahoo.com
    musang saya susah makan buah2an, tp kalo daging rakus banget
    aman gak gan kalo kbanyakan makan daging

    BalasHapus
  18. minta CP MLI dong
    email: vike05@yahoo.co.id
    thanks

    BalasHapus
  19. Ada yang jual musang bulan gk gan??bisa sms/call di nmer ini 085737355801

    BalasHapus
  20. minta CP MLI dong
    email: onggyichwan@gmail.com
    thanks.

    BalasHapus
  21. @ernanda reza: anda bisa tanyakan langsung pada ketua MLI
    @vanz tour: ditunggu.
    @titis satria: anda bisa tanyakan langsung pada ketua MLI. nanti sy sms nomornya.
    @onggy ichwan: ditunggu

    BalasHapus
  22. gan ane mo nanya yang bagus daging buat musang itu daging ayam ato daging sapi?trims infonya

    BalasHapus
  23. Lohh ini Komunitas nya di Surabaya Toh ?

    BalasHapus
  24. Gan , mnta CP nya . rickisubekti@ymail.com

    BalasHapus
  25. tolong donk info jual musang surabaya or gersik. CP nya gan
    fery_vikers@yahoo.com
    feri9saputra@gmail.com
    085748581504
    trimakasih. tlg info nya

    BalasHapus
  26. Aquu mau beli musang yg msih bayi...
    ada yg jual ta broooo...
    Jenis nya terserah ...
    Kalo ada hub 083114745654
    Trimakasih semuanya

    BalasHapus
  27. Temen"aqu mau beli musang .. siapa yang jual ya ....
    tp yg msih bayi ...
    Kalo ada hub 083114745654
    Trimakasih tmen"

    BalasHapus
  28. minat musangnya neh beli nya dimana ya?

    BalasHapus
  29. masbro minta CP dong pengen gabung nih memail ke eristyawanfajar@ymail.com ya,makasih banyak...

    BalasHapus
  30. mana CP nya ? pengen gabung gue
    p_bimantara@yahoo.co.id
    a.bimantaraputra@gmail.com

    BalasHapus
  31. Tinggal 2 ekor. Musang Luwak Bayi 100% Sangat Jinak Total.
    Suka di gendong dan diajak main anak2..
    hub. 081334610100
    PIN. 3147787a

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. mas kklok daerah surabaya dokter musang sebelah mana ya
    saya mau faksin sama minta supleman

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. minta CPnya MLI dunk email ke putri_aulia_nn@yahoo.com
    btw petshop yg bisa mandiin musang ada ga ya disby makasih

    BalasHapus
  37. mohon info dong kawan2 pecinta luwak ,kalau mau beli vitamin luwak dmn ya? coz ane punya luwak masih baby dan belum bisa makan sendiri? thx.

    BalasHapus
  38. gan ane baru coba buat pelihara musang

    musang ane jenisnya musang pandan
    beberapa hari ini dia susah banget buat makannya

    nahh ane hrus gmana nih cara dia biar nafsu makan
    mohon bantuannya

    ane tunggu di email
    ranggamarcia@yahoo.com

    mkasihh :)

    BalasHapus
  39. ada yg punya musang bulan ga.....soalnya dirumah cuma ada musang pandan betina usia 3 tahun lebih.....kalau ada info tlp 082310380432

    BalasHapus
  40. gan, saya pengen mandiin musang, udh lbh dri sebulan blm dimandiin, tapi saya takut digigit, caranya mandiinnya gmn ya?, please send your answer to my e-mail: mmkhalish@khalish@yahoo.com, thank you..

    BalasHapus
  41. CP nya dong mas
    fencing_world@yahoo.co.id

    BalasHapus
  42. Bang saya nyari musang binturong ada gk klo ada sms ke 081287154510 atau emal senko_z2@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg butuh musang cll 089656200161.musang warna hitam.

      Hapus
    2. mas masih ada ngga musangnya yang di jual??

      Hapus
  43. bang saya cari muspan usia 4-5 bulan,, yg jitot,ori,no cacat,,,
    jgn mahal" kalo bisa 300-350rb aja,, mau pelihara musang bang,,,
    kalo ada inbox ke email bang,, pdwi9392@yahoo.com
    ane tnggu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ni saya pnya tp blum jinak.baru 5 bulanan laah.bisa d liat dlu ko cll 089656200161

      Hapus
  44. bang saya mau pelihara musang untuk tujuan komersial agar menghasilkan kopi luwak ...saya baru mau beli musangnya ...tlong krimkan cp.a ...email saya zhizhuka123@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba klo mau bli musang saya punya satu warna hitam baru 5blanan.klo mau cll 089656200161.no nipu

      Hapus
  45. setiap gethering hari apa aja

    BalasHapus
  46. Mas harga musang bali usia 4-5 bulan brp duit yaa

    BalasHapus
  47. Mas harga musang bali usia 4-5 bulan brp duit yaa

    BalasHapus
  48. usia, jenkel, harganya brpa gan?

    BalasHapus
  49. kalo gathering di.Taman Bungkul tiap hari apa ya?
    saya mau Lihat* sekalian cari Musang pandan yg mau di.Jual.

    BalasHapus
  50. kalo gathering di.Taman Bungkul tiap hari apa ya?
    saya mau Lihat* sekalian cari Musang pandan yg mau di.Jual.

    BalasHapus
  51. CP nya dong mas
    candra10072000@gmail.com

    BalasHapus
  52. mas ada yang jual baby musang binturong ngga ?

    BalasHapus
  53. mas masih ada engak musang yg di jual ? kalau masih ada saya cari baby musang mas ini nomer saya 089630275203 trim

    BalasHapus
  54. Bro mau tau caranya biar musang kita berserikat gmna caranya. Di akui oleh negara minimal nasional. Jdi bebas kita bawa kmna mna. Mohon petunjuk. Mksih

    BalasHapus
  55. mas masih ada musang yg di jual? kalau masih ada, saya cari baby musang binturong jawa / musang pandan..
    hubungi 082244597464 atau qiezta@gmail.com

    BalasHapus
  56. mas masih ada musang yg di jual? kalau masih ada, saya cari baby musang binturong jawa / musang pandan..
    hubungi 082244597464 atau qiezta@gmail.com

    BalasHapus
  57. Mas saya mau cpnya ini email saya iisrohmawati08@gmail.com

    BalasHapus
  58. Bang ane org gresik, dan ane masih awam nih
    Pingin melihara itu musang,tips n trick nya bang
    Thanks
    Email: org.laki2@gmail.com

    BalasHapus
  59. halo, bisa saya minta CP nya anggota MLI ya? Thanks

    BalasHapus
  60. Selamat pagi disini saya punya baby musbul sebelumya dia mau di suapin pisang terus besok tidak mau lagi akhirya aku kasih susu dgn cara memakai dot itu pun susah sekali tpi bisa keminum juga susuya tp hbs minum susu terus dia mencret jadi skrg aku berhentiin susuya susu ya aku pakai susu SGM 0-6.terus srkg gmn cara mengatasi musang yg mencret dan g mau minum susu dan di suapin pisang.aku coba pepaya juga g mau.tolong saran ya dong

    BalasHapus
  61. Ini aku ada musbul sepasang umur 5/6 lanjut wa 085856113057

    BalasHapus